Sunday, June 12, 2011

Ada apa di Blogilicious Trah Yogyakarta ?

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!


idBlogLicius Yogyakarta, 11 - 12 Juni 2011 @ Gd. Fakultas Pertanian UPN "Veteran" Yogyakarta

Day 1 ( 11 Juni 2011 )

Akhirnya saya hadir kembali untuk melaporkan kegiatan Blogilicious Trah Yogyakarta yang dilangsungkan salah satu ruangan di lantai tiga Fakultas Pertanian UPN "Veteran" Yogyakarta. Rencana menghadiri acara Blogilicious ini sudah kutandai dalam kalender sejak sebulan yang lalu, namun rupanya saya lupa bahwa pada pukul. 09.20 WIB saya masih ada ujian akhir semester yang harus kuikuti di kampus. Sehingga acara pembukaan serta sesi Tips Blogging dan Etika Blog harus rela saya lewatkan untuk hal tersebut.

Saya sedikit was - was ketika melihat jam di handphone saya sudah menunjukkan pukul 11.30 WIB. Saya dengan tergesa-gesa mengeluarkan schedule acara yang telah saya print. Melihat dua sesi pembahasan materi telah saya lewatkan. Tanpa menunggu lama akhirnya, kucari nomer mas Azhie di handphoneku kemudian menanyakan apakah masih bisa ikut dalam acara walaupun terlambat.

Ternyata saya masih ada kesempatan, tanpa menunggu lama saya ke arah parkiran motor dan memacu motor keluar dari kawasan kampus dan menuju ke jalan Ringroad Utara. Sepanjang jalan saya masih was - was tidak bisa mengikuti Blogilicious ini. Tapi pandangan terus saya arahkan kedepan, takut hal - hal yang tidak diinginkan terjadi.

Akhirnya lewatlah saya dari perempatan gejayan, yang artinya sudah dekat dengan kampus UPN. Saya memacu pelan - pelan motor dan melihat tanda - tanda tempat pelaksanaan acara. Karena jujur, saya baru pertama kali ini masuk ke kampus UPN. Saya sudah melihat umbul-umbul dari Berniaga.com dijalan raya.

Dengan sedikit ragu - ragu, setelah melewati kampus UPN karena tidak ada putaran arah balik maka saya memacu motor belok kanan dari perempatan jalan tersebut. Kemudian saya melihat ada lagi umbul-umbul Berniaga.com, saya rasa ini tandanya (this is the sign!).

Saya masuk ke gerbang samping UPN tersebut, tapi lagi - lagi saya belum menemukan tempatnya. Saya kemudian mencari tempat parkir yang aman dan nyaman, barulah saya kembali mencari tempat diadakannya acara Blogilicious ini. Akhirnya saya lihat dari jauh ada spanduk Blogilicious dan saya melihat papan fakultas pertanian. Ini dia pintu masuknya :)



Saya melangkah masuk kemudian lagi - lagi kebingungan ketika mencari tempat acara. Saya kemudian mencoba menerka-nerka tempat acara tersebut, dari pintu masuk tersebut saya mulai masuk terus dan akhirnya menemukan tangga. Tapi ketika saya naik tidak ada tanda - tanda kehidupan, saya merinding dan memutuskan untuk turun lagi.

Saya kembali ke pintu masuk dan melihat ada tangga lain, dan ternyata ada tulisan Blogilicious IdBlogNetwork di lantai tiga. (Fiuhh.. Akhirnya..) Saya dengan secepat mungkin menapaki anak tangga, dan akhirnya dengan ngos-ngosan tiba di lantai tiga dengan selamat. Sesampai disana tetap tidak ada tanda - tanda kehidupan, namun setelah melangkah masuk ke meja registrasi datanglah mas Azhie yang kemudian menyodorkan absen member IBN.

Saya kemudian melihat satu per satu nama yang tertera di absen, namun nama saya tidak tercantum. Padahal saya sudah registrasi di eevent.com . Akhirnya saya menuliskan nama di bagian kosong dan kemudian saya diberikan id Card dan kotak makan siang. Saya kemudian melangkah masuk dan ternyata orang - orang sedang istirahat, pantas saja dari depan tidak ada tanda - tanda kehidupan. Saya juga baru tahu ternyata orang - orang yang saya lewati di lantai satu tadi adalah peserta Blogilicious Yogyakarta, saya jadi serba salah tidak menegur tadi. HeHeHehe..

Setelah jeda untuk istirahat dan makan siang, acara dilanjutkan dengan sesi Mobile Blogging yang dibawakan oleh mas Pribadi Nirwana yang menggantikan mas Kuncoro Wastuwibowo sebagai pembicara. Hal yang menarik dari presentasi mas Pribadi adalah trend yang terjadi di kalangan Blogger adalah kegiatan Blogging atau menulis online ini tidak mesti dibuat dalam kondisi kita harus di depan komputer dan mengetik.


Pribadi Nirwana (kiri) dan Dimaz Maulana (kanan) saat presentasi Mobile Blogging dalam acara Blogilicious "Trah" Yogyakarta

Namun trend Mobile Blogging dimana gadget - gadget seperti smartphone, tablet, maupun laptop telah terjadi di kalangan Blogger. Jadi sekarang menurut mas Pribadi, nge-Blog bisa dari mana saja, asalkan terhubung dengan koneksi internet tentunya. Tanpa berpanjang lebar, Daeng Battala eh salah, pak Amril selaku moderator memberi tanda kepada pembicara selanjutnya yakni Dimaz Maulana (@dimazm) yang menggantikan Tika Banget membawakan materi Social Media. Namun hal yang berbeda lainnya adalah waktu presentasinya yang seharusnya pada sesi ketiga, bertukar dengan sesi pemaparan Blog Monetizing yang dibawakan oleh mbak Mubarika Darmayanti.

Saya tidak menyimak secara detil apa yang disampaikan oleh mas Dimaz, karena kantuk yang mengganggu perhatian saya pada materi tersebut. Namun yang saya garisbawahi dalam presentasinya adalah jam 'prima' dari Facebook dan Twitter. Hal ini jadi perhatian saya, karena sebagai Blogger yang juga penggiat Social Media saya harus tahu dong jam prima di kedua social media yang terkenal ini.

Mas Dimaz menyampaikan hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan bersama komunitasnya dalam melihat jam traffik tertinggi di Facebook dan Twitter. Dalam hal ini ada dua waktu primanya, yakni 19.00 - 22.00 dan 10.00 - 12.00. Setelah pemaparan dari mas Dimaz dan juga sesi tanya jawab dengan peserta. Ada kritik dari peserta kepada mas Dimaz, yakni presentasinya sebaiknya dibarengi dengan Demo langsung di Social Media-nya. Namun setelah saya klarifikasi lewat facebooknya mas Dimaz, ternyata ada kesalahan teknis terkait koneksi pada acara. (This is our Secret --)


mbak Mubarika Darmayanti saat mempresentasikan blog Monetizing ala IdBlogNetwork

Lanjut pada sesi berikutnya masih di hari pertama Blogilicious, Blog Monetizing dipresentasikan oleh mbak Mubarika Darmayanti. Dalam presentasinya mbak Rika (panggilan akrabnya) dalam salah satu slidenya memaparkan bahwa dalam nge-Blog itu kita tidak mencari duit, tapi nge-Blog adalah Hobby yang menghasilkan rupiah alias duit. (Saya jadi teringat tulisan saya waktu sosialisasi Blogilicious di Duit bukan satu - satunya tujuan).

Setelah presentasi mbak Rika, ternyata IBN mau bagi - bagi job review senilai 1 juta rupiah untuk empat orang pemenang. Namun untuk hari pertama ini, dicari dua Blogger. Satu dari member IBN dan satu lagi dari non-member IBN. Akhirnya terpilihlah delapan orang yang akan memperebutkan dua job review. Setelah lontaran pertanyaan dari mbak Rika dan mas Kukuh selesai dijawab dengan baik oleh para peserta beruntung ini, terpilihlah mas Tomi Purba (tomipurba.net) dan satu perempuan non-member IBN yang berhak untuk job review ini. Akhirnya tepat pukul 15.24 WIB acara diakhiri dan akan dilanjutkan esok hari dimulai pada pukul 10.00 WIB ungkap mas Azhie pada saat saya tanya di pintu keluar pada saat acara selesai.

Day 2 (12 Juni 2011)

Hari ini Blogilicius Yogyakarta akan kembali di gelar di tempat yang sama, tapi sepertinya hari ini saya akan melewatkan satu sesi pemaparan dikarenakan telat bangun, dan kemalasan di hari minggu. Motor saya pacu menuju tempat acara, namun ditengah jalan rupanya perut tidak dapat kompromi, sehingga rupanya Yogya Chicken menjadi persinggahan untuk sarapan pagi.

Setelah perut kenyang tentunya hati pun senang, motor kembali saya pacu tapi kali ini saya lewat jalan tengah kota jadi ada sedikit kemacetan yang tak dapat dihindari. Namun akhirnya sampai di tempat acara dengan ngos-ngosan (lagi..), tapi tidak menyurutkan semangat untuk ikut acara, sampai di depan meja registrasi saya bertemu dengan mas Verry.

Setelah selesai registrasi ulang, langsung saja saya memasuki ruangan. Rupanya sudah masuk sesi kedua dengan pemaparan dari mas Aldy Terren (jacket-cyber.co.cc) . Saya hanya dapat pembahasan pengamanan pada Wordpress, setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab. Dengan posisi duduk paling belakang, saya masih duduk diam seribu bahasa karena baru datang. Walau demikian, dengan santainya saya menikmati snack sambil menunggu sesi ini berakhir.


Stand Berniaga.com (foto: facebook Verry Kurniawan)

Akhirnya tak lama setelah saya terjebak dalam kebingungan, presentator mengakhiri pemaparannya dan acara dijeda untuk ISHOMA. Pada jeda acara ini, saya menyempatkan diri mengunjungi stand Berniaga.com, di stand tersebut saya hanya mengisi form login Facebook secara online dan akhirnya dapat goodie bag :)

Setelah beranjak dari stand Berniaga.com saya kemudian masuk kembali ke ruangan dan menghampiri sahabat Blogger yang ikutan Kopdar IBN Jogja pada 2 April lalu (baca:Kopdar Asyik bareng IBN Jogja), dia adalah mas Feri Yunus (tongkonanku.blogspot.com) bersama temannya mas Jeanot Nahasan (jeanotnahasan.blogspot.com). Akhirnya saya memutuskan duduk dibarisan tersebut bareng dengan kedua sahabat Blogger ini.

Alasan saya cukup simpel memilih duduk di depan, karena kemarin pas bagi - bagi Job Review saya duduk di belakang. Dan masalahnya pak Amril tidak jalan-jalan atau ngelirik ke kursi belakang, untuk memperbesar peluang dapat job review mending duduk di depan.

Di sela jeda ini, mbak Ajeng mengumumkan tema untuk lomba semi SEO Blogilicious Yogyakarta, dengan tema Blogilicious Trah Yogyakarta. Dimana dalam penjelasannya kata "Trah" menurut pemaparan mbak Ajeng merupakan artian dari Keturunan, jadi kita jadi Blogger yang mapan di Yogyakarta. Walaupun saya sendiri bukan asli Jogja sih.

Selain itu mbak Ajeng juga mengumumkan pemenang lomba semi SEO untuk Makassar dan Surabaya. Jrengg.. Jrengg.. Tampillah dua blog yakni blog dari mas Syafir (Surabaya_ dan mas Rizved (Makassar) dengan link : http://www.syafir.com/2011/05/18/catatan-perjalanan-blogilicious-de-surabaya // http://www.rizved.com/2011/05/blogilicious-fun-makassar-euforia.html.

Selamat buat para pemenang, setelah pengumuman dari mbak Ajeng. Acara kembali dilanjutkan dengan dua sesi pemaparan materi yakni : sesi SEO yang dibawakan oleh mas Suryaden dan sesi Themes Design dibawakan oleh mas Nurudin Jauhari (nurudin.jauhari.net).


mas Suryaden dalam presentasi tentang Search Engine Optimalization
Pada pemaparan mas Suryaden memberikan peserta pemahaman mengenai SEO yang baik untuk blog dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan SEO. Selain itu hal - hal negatif yang dapat mempengaruhi SEO dipaparkan juga dengan gamblang. Setelah itu, mas Nurudin Jauhari melanjutkan pemaparan Themes Design, namun sayangnya pembahasan sesi themes ini lebih kepada Wordpress, sedangkan blog saya menggunakan Blogspot.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan sesi tanya jawab yang saya anggap merupakan sesi tanya jawab terlama karena kedua materi ini dianggap sangat vital terhadap suatu blog.

Akhirnya sesi terakhir ini telah usai, acara dilanjutkan dengan bagi - bagi job review part #2 setelah pada hari sebelumnya telah dibagikan dua job review, dan hari ini akan dibagikan lagi dua job review dengan sistem yang sama dengan pembagian kemarin. Ada satu orang member IBN dan satu orang lainnya non-member IBN.

Pada saat pak Amril mengajukan pertanyaan untuk memilih empat orang, saya terpilih sebagai salah satu dari empat orang member IBN yang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan job review bersama mas Jeanot Hasan yang sekali lagi mencoba peruntungannya untuk mendapat job review, setelah pada hari pertama kemarin belum berhasil mendapatkan job review.

(maafkan saya pada cerita review ini hanya member IBN yang saya akan lebih bahas)

Pertanyaan pun dilontarkan untuk empat orang member IBN, yakni: Apa alamat Facebook IBN, Twitter IBN, dan Berapa jumlah Follower Twitter IBN. Saya menjawab dengan mantap pertanyaan pertama dan kedua, namun follower Twitternya saya mengira-ngira, tapi sayangnya tebakan asal saya gagal. Tapi yang lain juga tidak bisa menjawab pertanyaan ketiga, yang berarti akan ada pertanyaan tambahan.

Namun sebelum itu, pertanyaan kemudian dilontarkan dulu untuk non-member IBN, kemudian kembali lagi pertanyaan kepada kami. Pertanyaan dari mbak Rika yakni, Apakah perbedaan Berniaga.com dengan jaringan periklanan lain ?. Saya kemudian menjawab dengan panjang lebar mengenai keunggulan Berniaga.com, demikian juga ketiga orang lainnya.

Namun, pak Julian selaku CEO Berniaga.com membenarkan jawaban dari Saya dan Jeanot. Ia memberikan alasan, bahwa jawaban yang kami jawab memang benar, bahwa Berniaga.com mempunyai tiga konsep utama yang lebih dari yang lain yakni : Terkoneksi langsung dengan Facebook, Location Based, dan Man Moderation.

Namun demikian kami diseleksi lagi dengan pertanyaan, sampai pertanyaan ini dilontarkan sudah berapa orang yang memasang iklan di Berniaga.com, kami kemudian mengira-ngira. Saya menjawab sekitar 116 ribu orang sedangkan Jeanot menjawab 110ribu orang. Karena jawaban saya paling mendekati jadi saya yang dapat job review. Yeaahh !

Akhirnya saya pun mendapatkan job review itu. Saya tentunya bangga menjadi member IBN yang senantiasa perhatian terhadap para membernya seperti saya ini :). Saya kemudian bertemu mas Kukuh untuk memberikan job review yang akan dikirimkan melalui email.


Penyerahan Cinderamata dari Azhie kepada mbak Mubarika Darmayanti

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh ketua Panitia Lokal mas Muhammad Aziz a.k.a Azhie Kurosaki kepada mbak Mubarika Darmayanti. Sebelum penyerahan sepatah kata di sampaikan oleh mas M. Rifqi Sulthoni yang menyampaikan filosofi dari cinderamata wayang yang merupakan simbolisasi dari peran IdblogNetwork dalam menaungi membernya dan memberi manfaat bagi semuanya.

Foto bersama menjadi agenda terakhir pada acara Blogilicius di Yogyakarta ini. Sayapun tak mau ketinggalan ikut berfoto dengan sobat IBN lainnya. Harapan yang paling utama tentunya agar IBN senantiasa eksis menjadi fasilitator bagi Blogger dan Advertiser. Sukses buat IBN !

Terima kasih kepada para pendukung acara Blogilicious dan panitia yang telah menyelenggarakan acara ini.

Administrator 13 Jun, 2011


--
Source: http://www.gudangmateri.com/2011/06/ada-apa-di-blogilicious-trah-yogyakarta.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

1 comments:

Anonymous said...

OH NOO !! AGC .. PARAH LOOO...

Post a Comment