Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
basistik.blogspot.com
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan (SNP) mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah harus menyusun kurikulum dengan mengacu
kepada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan
Standar Penilaian, serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar
Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22
Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan
salah satu acuan utama bagi satuan pendidikan dalam penyusunan kurikulum (KTSP).
Permendiknas dimaksud dilengkapi dengan Lampiran Standar Isi yang mencakup (a)
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, (b) Beban Belajar, (c) Kalender Pendidikan, dan
Lampiran Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran yang
mencakup (a) Latar Belakang, (b) Tujuan, (c) Ruang Lingkup, (d) Standar Kompetensi, dan
Kompetensi Dasar, (e) Arah Pengembangan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan
dilaksanakan oleh pendidik di masing-masing satuan pendidikan yang berfungsi sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional dengan kesesuaian dan
kekhasan, kondisi dan potensi daerah, serta satuan pendidikan dan peserta didik.
Dokumen KTSP terdiri atas dokumen I yang meliputi Komponen KTSP (Tujuan tingkat satuan
pendidikan, Struktur dan Muatan Kurikulum, serta Kalender Pendidikan), dan dokumen II –
yang meliputi silabus seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal untuk semua tingkat
kelas. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata
pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi
waktu, dan sumber belajar. Mengacu pada substansi silabus dimaksud, maka dalam
pengembangannya harus melalui proses pengkajian/analisis seluruh substansi dokumen
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) SMA, mulai dari substansi Tujuan,
Ruang Lingkup, SK dan KD mata pelajaran (Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 22 Tahun 2006).
Berdasarkan laporan hasil pelaksanaan kegiatan bimtek KTSP di SMA pada tahun 2009
diperoleh data dan informasi antara lain sebagai berikut:
· Masih banyak sekolah yang belum melakukan analisis standar isi dan lampiran standar
isi tentang SK dan KD mata pelajaran, karena belum memahami pentingnya dan
keterkaitan hasil analisis dalam penyusunan silabus dan perangkat pembelajaran
lainnya;
· Pada umumnya dalam mengembangkan silabus, guru hanya mengutip SK dan KD pada
Lampiran Standar Isi (belum melakukan pengkajian/pemetaan kompetensi), karena
mereka belum memahami bahwa proses pengkajian dimaksud sangat penting dan
bermanfaat untuk merumuskan: indikator pencapaian, materi pokok, kegiatan
pembelajaran, metode pembelajaran, penentuan bentuk dan jenis soal, serta
sumber/bahan belajar;
· Belum semua warga sekolah memahami tata cara analisis standar isi dan lampirannya
yaitu SK dan KD;
· Terdapat sejumlah sekolah yang telah melakukan analisis SK dan KD, tetapi belum
mendokumentasikan secara baik hasil analisisnya, karena mereka belum memahami
bahwa dokumen tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dokumen
KTSP;
· Belum ada naskah panduan yang dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk melakukan
analisis SK dan KD mata pelajaran secara benar dan hasil yang optimal.
--
Source: http://basistik.blogspot.com/2011/04/petunjuk-teknis-analisis-standar-isi.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com


0 comments:
Post a Comment